# Struktur Dasar Pemrograman c++
Maka pada seri yag ke dua ini kita akan melanjutkan ke pembahasan selajutnya yaitu bagimana membuat struktur dasar penulisan bahasa pemrograman c++.
Struktur bahasa pemrograman c++ adalah tata-cara, atau metode bagaimana cara menulis kode program dengan baik dan benar.
Adapun struktur dari bahasa c++ itu sendiri terdiri dari, kurang lebih tersusun dari 5 bagian utama yang akan anda temui nantinya. Antara lain
- Preprocessor Directive (Pengarah Kompilator)
- Declaration (Deklarasi)
- Definition (Definisi)
- Statement atau Expressions (Pernyataan atau Ekspresi)
- Comments (Komentar)
Agar lebih jelas, coba anda amati potongan kode program di bawah ini.
gambar
Dari potongan kode di atas jika di jalankan (runing) maka akan menghasilkan kata “hello Bale Kode” yang akan tampil ke layar. Adapun penjelasannya sebagi berikut:
# include iostream
Pada bagian paling atas “ #include <iostream> “sering disebut dengan file-header. Sedangkan Tanda # (pagar) dikenal dengan sebutan Processor directive, yang berfungsi untuk memberitahu preprocessor bahwa file ini ingin menggunakan library.
Kemudian “ include” merupan perintah yang digunakan untuk memanggil fungsi-fungsi yang yang memang sudah bawaan dari bahasa c++ itu sendiri.
Kemudian “iostream” adalah nama fungsi atau library nya, yang artinya ketika anda ingin menampilkan sesuatu di layar compiler maka anda harus memanggil library iostream ini.
Seperti pada potongan program di atas, dapat menampilkan kata “ hello bale koding”, untuk menampilkan kata “ hello bale koding” maka di butuhkan library iostream yang menangani proses input dan output.
Jadi file-header “ #include <iostream> “ jika kita artikan ke dalam bahasa kita maka kurang lebih seperti ini“ c++ saya ingin menggunkan library yang dapat menangani proses input dan output dong”.
Begitupun halnya dengan library-library lainnya. Mengenai macam-macam library c++ akan kita bahas di bawah.
# using namescape std
“using namescape std” adalah sebuah penyingkat atau penyederhanaan dari statement yang ada di dalam Library iostream seperti “std::cout”menjadi “cout”, “std::endl”, menjadi “endl”dan masih banyak lainnya,
seperti contoh berikut penggunaan namespace dan tidak menggunakan namescape pada potongan kode program di bawah ini.
gambar
Jadi terserah anda mau menggunkan “using namescape std;” atau tidak.
# Int main(){ ... }
“Int main(){..} “ Merupakan fungsi, atau sering dikenal dengan fungsi utama dari sebuah program, kenapa di sebut dengan fungsi utama..? karna fungsi inilah yang akan di jalankan pertama kali oleh compiler.
Sehingga semua statement, perintah, logika, harus berada di dalam fungsi ini, jika tidak maka compiler tidak akan mengenali statement, perintah sehingga akan terjadi error.
Kemudian “int” merupakan sebuah tipe data yaitu tipedata integer,lalu mengapa menggunakan int..? karena pada dasarnya tipe data integer akan menghasilkan nilai balik, atau mengembakikan nilai yaitu nol (0) setelah program selesai di jalankan.
Sehingga pada ahir program kita harus menambahkan statement “return 0;” yang menandakan bahwa program telah selesai di jalankan.
Selain fungsi “int” kita juga bisa menggunakan fungsi “void”. Lalu apa yang membedakan fungsi int dan funsi void..? Void sering di artikan dengan kosong (tidak ada), bukan nol (0), kalok noll masih memiliki nilai yaitu nol (0) itu sendiri.
Jadi ketika kita menggunakan fungsi void maka kita tidak perlu menggunkan ” return 0” di akhir program karena, fungsi void tidak mengembalikan nilai balik.
Seperti pada contoh gambar di bwah ini.
gambar
Jadi Pada dasarnya fungsi itu ada dua macam yaitu fungsi yang mengembalikan nilai balik dan fungsi yang tidak mengebalikan nilai balik.
Ketika anda ingin menggunakan fungsi yang dapat mengembalikan nilai balik maka gunakan int main, jika tidak maka anda bisa menggunakan void main.
# Tanda kurung (...)
Tanda kurung ini digunakan untuk menaruh parameter, yang artinya ketika kita ingin menggunakan parameter di dalam sebuah fungsi maka tempatnya tepat di dalam kurung tersebut.
Akan tetapi pada fungsi utama atau fungsi main parameter tidak digunakan atau akan tetpa di biarkan kosong. Karna fungsi main tidak membutuhkan parameter.
Untuk lebih jelansnya akan kita bahas di seri tentang fungsi nantinya.
# Tanda Kurung Kurawal “{}”
Kurung kurawal berfungsi sebagai pembungkus atau tag pembuka dan tag penutup sebuah fungsi atau statement, Atau sering pula disebut dengan nama blok pembuka “{” dan blok pentup “}”.
Ketika ada tag pembuka maka harus ada tag penutupnya.
# Header Dan Library Dalam Bahasa C++
Apa fungsi header dan library pada bahasa c++..?
Jadi pada dasarnya struktur bahasa c++ itu terdi dari dua
bagian yaitu header dan body, Header merupakan tempat dimana kita
mendeklarasikan libr ary.
Seperti contoh program di atas sebelumnya terdapat potongan
kode “#include <iostream>” inilah yang di sebut dengan header program.
Sedangkan “int main(){..} “ di kenal dengan body.
Keudian Library sering di arrtikan dengan “pustaka"
yang telah kita singgung di atas sebelumnya.
Seperti contoh “iostream”adalah
nama library yang menangani proses input dan output program. Library dalam
bahsa c++ sangat lah bayak, namun hanya beberapa yang sering digunakan.
Lalu
apa saja library yang sering di gunkan..?
# Library yang sering di gunakan di C++
# 1 Iostream “ #inlude<iostream> “
Dingunkan untuk menangani fungsi input dan output pada prpgram, Yang arinya jika anda ingin melakukan proses input dan output maka anda harus mendeklarasikan header “iostream”.
Ada beberapa perintah yang bisa di tangani oleh library ini antara lain :
Nama
|
Fungsi
|
Cin
|
Fungsi masukan dari keyboard
|
Cout
|
Menampilakn data atau tulisan ke layar kompiler
|
Endl
|
Baris baru
|
Ends
|
Manambah karakter null
|
Contoh program yang menggunkan library “ #inlude<iostream> “
gambar
gambar
# 2 Conio “ #inlude<conio.h> “
Library ini dapat menangani beberapa fungsi seperti mmbersihkan layar kompiler maupun menahan layar
Nama
|
Fungsi
|
Getch
|
Menahan tampilan, layar compiler agar tidak lansung
keluar ketika di jalankan
|
clrscr
|
Membersihkan layar
|
Contoh program yang menggunkan library “ #inlude<conio.h> “
gambar
# 3 String “ #inlude<String.h> “
Library ini dapat menangani beberapa fungsi seperti
Nama
|
Fungsi
|
Strcpy
|
Untuk menyalin nilai setring
|
Strlen
|
Mengetahui panjang string
|
Strupr
|
Membuat tulisan kapital
|
# 4 Math “#inlude<Math.h>”
Library ini dapat menangani beberapa fungsi seperti aritmatika ,perhitungan matematika dengan fungsi:
Nama
|
Fungsi
|
Sqrt
|
Perhitungan akar
|
Pow
|
Perhitungan pangkat
|
Sin (), cos(), tan()
|
Perhitungan susdut
|
Max
|
Menghitung hasil pembagian dan sisa pembagian
|
Min
|
Menentukan bilangan terkecil
|
Contoh program yang menggunkan library “ #inlude<Math.h> “
gambar
gambar
# 5 Iomanip “#Include <Iomanip.h>”
Library ini dapat menangani beberapa fungsi seperti Setiosflags() dan berfungsi untuk mengatur jumlah digit decimal dibelakang koma.
Contoh program yang menggunkan library “ #inlude< Iomanip.h > “
gambar
# Komentar
Apa sih Komentar..?
Komentar pada bahasa pemrograman adalah sebuah statement atau catatan yang biasanya di gunakan oleh programer untuk memberi keterangan atau tanda tentang program yang ia kembangkkan.
Oleh sebab itu semua bahasa pemrograman pasti memiliki yang namanya komentar. Jadi Komentar tidak akan di eksekusi atau di jalankan oleh sebuah program,
yang artinya komentar tidak termasuk di dalam algoritma program, akan tetapi kometar memiliki peran penting dalam membangun sebuah program atau aplikasi.
karena dia merupakan media komuniksi antar programer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Dan digunakan untuk menjelaskan tiap-tiap baris kode yang kurang jelas, sehiingga mdah di megerti oleh prograer lainnya.
Sangat jarang sebuah aplikasi ataupun program yang cukup besar di kerjakan oleh satu orang programer, karna akan memakan waktu yang sangat lama.
Oleh sebab itu kebanyakan programer tidak bekerja sendir dalam menyusun sebuah program melainkan ber-tim. Disinilah peran penting Komentar dalam bahasa pemrograman.
Dimana tidak semua orang memiliki pandangan dan jalan pikiran yang sama dalam menyelesaikan sebuah masalah dalam sebuah algoritma program.
#jenis-jenis Komentar pada bahasa c++
Komentar satu baris single-line
Untuk melakukan komentar satu baris maka menggunkan garing (garis miring) “//” yang di gunakan hanya untuk mengomentari satu baris kode program saja.
Contoh penulisan komentar single line:
Lebih dari satu garis multi line
Sedangkan komentar multi-line ini menggunakan tanda “/*....*/” yang di gunakan untuk melakukan komentar yang cukup banyak dan membutuhkan banyak baris.
Contoh penulisan komentar single line:
Contoh Penggunaan komentar di dalam program c++
Nantinya komentar akan sering anda temukan di dalam seri-seri selanjutnya, karna saya akan menggunakan komentar untuk menjelaskan dan memberi keterangan terkai kode-kode program sehingga anda kan mudah memahami dari tiap tiap baris kode program.
Seri selanjutnya => Tipedata dan variabel
EmoticonEmoticon